Dropbox: Alternatif iDisk

Suatu ketika saat Anda berpergian membawa notebook dan Anda ternyata lupa membawa dokumen penting yang tersimpan di flashdisk, apa yang Anda lakukan?

Kini Dropbox, sebuah situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan data via Internet serupa dengan iDisk, memberikan layanan gratis sebesar 2 GB kepada setiap penggunanya. Menarik sekali! Dan fasilitas lain yang ditawarkan Dropbox, antara lain: Web Interface, Sinkronisasi Data, Backup Snapshot, serta My Dropbox; Software yang terintegrasi sangat baik dengan Finder Anda. Meski statusnya masih dalam pengembangan, alias beta, namun apa yang ditawarkan Dropbox ini sangatlah istimewa. Pun kecepatan aksesnya memuaskan sekali. Saat saya mencoba, kecepatannya bahkan mengungguli iDisk milik MobileMe / .Mac. Pendaftaran Dropbox saat ini masih bersifat by invitation. Jadi setelah Anda membaca artikel ini dan merasa Dropbox adalah jawaban untuk permasalahan diatas, silakan kirimkan email ke public{at}mac.web.id untuk mendapatkan email yang berisi link dan kode aktivasi menuju account Dropbox Anda.

Web Interface

Tampilan Dropbox saat dibuka melalui browser sekilas menyerupai Facebook. Anda dapat mengakses file-file yang tersimpan secara langsung, baik menggunakan browser Internet Explorer diatas sistem operasi Microsoft Windows sekalipun.

Ketika hendak mendownload file, Anda akan diberikan opsi memampatkan file menjadi .ZIP. Fitur ini tentu sangat bermanfaat ketika Anda berada di tempat dengan kecepatan koneksi Internet yang kurang baik, karena opsi tersebut menjadikan file lebih ringkas dan cepat untuk didownload. Selain itu, Anda juga dapat membuat folder, menyimpan file menggunakan fasilitas Upload, ataupun membagikan dokumen dan foto kepada pengguna Internet lainnya melalui fitur Share. Bila Anda ingin memantau perubahan yang terjadi pada file Anda, Dropbox juga menyediakan fasilitas Revisions. Kapan dan oleh siapakah perubahan tersebut terjadi, dapat dipantau secara lengkap melalui situs Dropbox.

My Dropbox & Sinkronisasi Data

Adalah software yang dibuat khusus oleh Dropbox untuk pengguna Mac OS X dan terintegrasi dengan Finder pada bagian Sidebar serta Menubar.

Setelah Anda menginstallnya untuk pertama kali, Anda akan diarahkan ke situs Dropbox untuk melakukan validasi account. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengoperasikan My Dropbox ini karena tampilannya serupa dengan Finder Anda.

Anda cukup memperhatikan icon-icon berwarna biru dan hijau pada setiap folder atau file. Ketika icon tersebut berwarna biru, artinya proses sinkronisasi antara Mac Anda dengan Dropbox sedang terjadi. Sedangkan warna hijau, dapat diartikan bahwa file Anda siap digunakan.

Sangat praktis dan cepat bukan?
Nah, kini dengan Dropbox, Anda dapat melakukan langkah preventif sebelum Anda betul-betul kehilangan file atau lupa membawanya saat berpergian :)

0 komentar: